Inovasi sepeda listrik di dunia terus berkembang. Tak hanya kemampuan perangkatnya, inovasi dilakukan turut menyentuh pada sisi fitur hingga desain sepeda. Salah satunya adalah sepeda listrik yang dirancang oleh Green Ride, sebuah perusahaan teknologi di Haifa, Israel, ini.

Inu, demikian nama sepeda ini, adalah skuter listrik yang unik. Selain ergonomis dan sangat portabel karena bisa dilipat, sepeda ini memiliki desain yang futuristik. Sepeda berbobot sekitar 18kg ini pun dapat dikendalikan melalui smartphone dan diklaim mampu berlari dengan kecepatan hingga 25km per jam. Untuk melipatnya, hanya diperlukan waktu sekitar 4detik dan bisa dilakukan secara remote melalui smartphone.

sepeda lipat canggihUntuk tenaganya, Inu dilengkapi baterai yang dapat menggerakkan sepeda hingga sejauh 20km dalam sekali pengisian. Jarak tersebut bisa lebih jauh lagi bila menggunakan baterai model 750W (standarnya 50w). Inu mampu membawa beban hingga 120kg dan untuk seseorang dengan bobot 80kg bisa menempuh jarak 40km (60 mil) dengan hanya satu baterai yang terisi penuh.

Pengisian listrik baterai lithium-ion menggunakan stasiun doc yang kompak sehingga bisa disimpan di rumah atau di kantor.

sepeda lipat canggihDikutip dari Autoevolution, Inu juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung lain, seperti rem depan hidrolik, rem belakang, peredam kejut di roda depan dan belakang, lampu, klakson serta alarm. Pemilik juga dapat melacak sepeda ini secara otomatis bila sepeda ini dicuri, lewat bantuan aplikasi pribadi.

Saat ini Inu tersedia dalam dua pilihan warna dan dibanderol dengan harga US$3.479 (sekitar Rp41,7 juta). Sepeda ini akan siap dikirim pada bulan Mei atau Juni mendatang.