Oli adalah tulang punggung semua mesin mobil! Menjadi salah satu komponen terpenting yang bertanggung jawab untuk menjaga motor matic Anda dalam kondisi prima, penting bagi Anda untuk memilih salah satu yang memperpanjang umur motor matic Anda sambil mempertahankan kelancaran fungsi dan efisiensi.

Anda perlu menyadari apa yang Anda pompa ke motor matic Anda. Pasar akan memberi Anda daftar luas oli motor matic, satu untuk setiap kebutuhan; tugas di sini adalah Anda menganalisis mana yang akan terbukti menjadi yang terbaik untuk mesin Anda. Itu bisa sedikit membingungkan!

Memilih oli mesin dengan bijak sangat penting untuk mendapatkan performa puncak. Namun jika ingin yang lebih simpel bisa ikuti petunjuk rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia dan ikuti petunjuk didalamnya. Karena semua pengguna terpikat oleh hal itu, kami ingin menyortir proses untuk Anda dan memberikan saran kami tentang oli terbaik untuk motor matic 150cc.

Bolehkah memakai Oli Apa Saja untuk motor matic 150cc?

Untuk menjawab pertanyaan itu, tidak! Apa yang cocok untuk sepeda teman Anda belum tentu baik untuk motor matic Anda sendiri. Juga, oli yang Anda masukkan ke mesin motor lain memiliki panjang gelombang yang sama sekali berbeda dari oli mesin motor matic. Anda dapat memeriksa manual pengguna Anda untuk jenis oli yang direkomendasikan.

Selain itu, kapasitas mesin perlu diperhitungkan saat merumuskan keputusan. Kapasitas mesin yang berbeda memerlukan jenis oli mesin tertentu; oleh karena itu, oli terbaik untuk menghilangkan keausan dan memastikan efisiensi maksimum dan stabilitas suhu untuk motor matic 150cc adalah oli sintetis penuh 0W-40, 10W-30, atau 15W-40 biasa.

Cara Memilih Oli Untuk motor matic 150cc

Oli mesin dalam motor matic sangat mirip dengan darah dalam tubuh manusia; maka Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda masukkan ke dalamnya, atau itu dapat mengganggu kinerjanya secara serius. Katalog lengkap fungsionalitas yang melibatkan pelumasan, pendinginan, perlindungan engine, peningkatan efisiensi, dan pengurangan gesekan menjadikannya penting untuk memilih yang terbaik dari yang terbaik. Ini adalah harga kecil yang harus dibayar dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa faktor untuk membantu Anda memilih oli yang tepat:

Campuran Sintetis/Minyak Sintetis Sepenuhnya

Secara pribadi, menurut kami campuran sintetis atau oli mesin sepenuhnya sintetis terbukti sebagai yang terbaik karena mengurangi gesekan internal dan mendorong pergerakan bagian-bagian mesin yang mulus dibandingkan dengan oli mineral.

Viskositas

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah viskositas. Oli dengan viskositas rendah mengalir dengan bebas sementara oli dengan viskositas tinggi mengalir relatif lebih lambat. Seperti disebutkan sebelumnya, oli sintetis penuh 0W-40 mendukung kinerja puncak mesin. Anda mungkin ingin memilih oli mesin yang viskositasnya relatif lebih tinggi setelah motor matic Anda menua.

Kelas Minyak 0W-40

Tingkat oli mencerahkan Anda pada viskositas sempurna untuk pelumasan yang efektif dalam rentang suhu tertentu. Misalnya, untuk 10W-30, 10 menunjukkan viskositas suhu rendah, dan 30 menunjukkan viskositas suhu tinggi.

Di musim dingin atau jika Anda tinggal di daerah yang sangat dingin, sangat ideal untuk memilih yang memiliki ‘W’ rendah, yang menunjukkan peringkat musim dingin bersuhu rendah. Di musim panas, Anda mungkin ingin menggunakan satu dengan viskositas lebih tinggi karena menempel pada bagian internal mesin, memberikan pelumasan pada suhu yang lebih tinggi.

Gaya Berkendara

Ini adalah faktor lain yang harus diperhitungkan karena oli sepeda motor bervariasi sesuai dengannya. Untuk penggemar kinerja, kami akan merekomendasikan membeli oli motor sintetis. Sebaliknya, jika Anda seorang pengemudi yang tenang, oli mineral akan menjadi pilihan yang sempurna; itu biasanya dipompa ke motor matic baru.

Standar Kepatuhan

Terakhir, selalu perhatikan standar kepatuhan dan tanda standar untuk memastikan kualitas oli mesin yang tinggi. Ini termasuk tanda SAE, JASO, atau API pada botol.

Review Oli Terbaik Untuk motor matic 150cc

Ada banyak oli mesin yang tersedia di pasaran, yang membuat proses pemilihan menjadi pekerjaan yang membosankan. Memilih oli mesin yang salah akan membuang-buang uang Anda dan merusak sepeda serta menurunkan performanya. Ditinjau di bawah ini adalah beberapa minyak top yang bisa Anda pilih.

Pertimbangan Hati-hati yang Perlu Diingat

Oli yang idealnya Anda gunakan disebutkan pada panduan pengguna sepeda Anda, dan akan lebih baik untuk mengikuti panduan yang ditentukan. Namun, dalam kasus lain, tidak semua jenis minyak bekerja dengan cara yang sama. Misalnya, oli mesin empat langkah mungkin tidak berfungsi untuk mesin dua langkah.

Demikian pula, ada pertimbangan lain yang perlu diingat, termasuk:

Kebisingan dan Clutch Slippage

Kebisingan dan selip kopling adalah faktor lain yang harus dipertimbangkan, seperti yang disebutkan sebelumnya. Juga, mengganti filter oli tidak boleh diabaikan.
cara ganti oli motor matic

Cara Mengganti Oli motor matic 150cc

Mengganti oli di motor matic Anda sendiri tidak terlalu sulit. Jika mekanik Anda tidak ada atau jika Anda berencana melakukannya sendiri, berikut cara melakukannya.

  1. Pertama, temukan di mana oli gearbox motor matic Anda berada. Dalam kebanyakan kasus, itu akan terletak di bawah di bagian belakang mesin. Siapkan beberapa peralatan seperti perkakas (kunci pas 10mm), sarung tangan, kain pembersih, dan wadah untuk menampung oli yang bocor dan oli baru di tangan sebelum memulai.
  2. Kemudian, buka kedua baut dengan kunci pas soket 10mm, dimulai dengan yang atas terlebih dahulu. Ini akan mulai membocorkan oli segera setelah Anda melepaskan bautnya.
  3. Anda harus menunggu sampai menguras semua minyak dari bagian atas dan kemudian bagian bawah, meninggalkan gravitasi untuk melakukan pekerjaan untuk Anda.
  4. Setelah oli benar-benar terkuras, kencangkan kembali baut bawah dan peras oli baru melalui nosel ke lubang baut atas sampai mulai meluap.
  5. Kemudian, biarkan mengalir sampai hanya beberapa tetes yang tersisa menetes dari lubang baut atas dan kencangkan kembali baut atas.

Ingatlah untuk tidak memberikan terlalu banyak tenaga saat mengencangkan baut kembali karena dapat menyebabkan baut atau ulir putus. Yang terbaik adalah menonton video di bawah ini karena menunjukkan panduan terperinci, yang jauh lebih mudah dipahami.

Kesimpulan

Untuk rekapitulasi, kita melihat bagaimana berbagai jenis oli berinteraksi dengan berbagai jenis mesin. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui model atau merek motor matic Anda sendiri sebelum memulai, karena ada banyak pilihan untuk dipilih. Setelah Anda mengetahui spesifikasinya, Anda akan memiliki alat untuk menentukan apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.